Jumat, 28 Maret 2014

Sering Melompat Bisa Membuat Tulang Kita Semakin Kuat



Memiliki tulang yang kuat sangat erat sekali hubungannya dengan seberapa mudah tubuh kita membentuk otot. Hal ini dikarenakan sel-sel pada otot yang berada menepel di tulang. Dengan kata lain, jika kita memiliki tulang yang rapuh serta tidak sehat, maka bisa dipastikan jika otot kita akan sulit untuk berkembang. Hal ini disebabkan oleh fungsi tulang sebagai penyanggah otot mulai kehilangan fungsinya secara penuh.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan guna mendapatkan tulang yang sehat serta kuat. Namun satu hal yang paling penting dalam menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat ialah kita harus mampu memenuhi kebutuhan kalsiom harian tulang kita. Hal ini sering kita dengar secara medis pastinya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh, kita bisa mengonsumsi susu atau bahkan makanan.

Baru-baru ini salah satu harian New York mengabarkan jika dengan melompat secara teratur, tulang kita akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami osteoporosis. Disebutkan dalam harian tersebut jika dengan melompat, kepadatan tulang pun semakin kuat. Hal ini terbukti dari sebuah riset yang dilakukan di negara Jepang menemukan jika dengan melompat secara teratur setiap hari sekitar minimal 40 kali perminggu, massa tulang akan semakin bertambah. Tak hanya itu saja, salah seorang dari Oregon State University menemukan jika dengan melompat minimal 50 kali sehari, tulang akan mengalami peningkatan kepadatan yang sangat baik dalam kurun waktu 5 tahun.

Selain itu juga, ada cara lain yang bisa kita lakukan yakni dengan cara lompat tali atau squat. Kedua olahraga ini tak hanya memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi daripada tulang saja, keduanya juga mampu memperbaiki fungsi dari persendian. Hal ini sangat dianjurkan sekali bagi mereka yang memiliki aktivitas sedikit serta bagi mereka yang lebih sering duduk saat bekerja.

Ada manfaat lain yang juga bisa kita dapat dari melompat, yakni dapat memperbaiki kordinasi serta efektifitas dari gerakan tubuh kita ketika sedang beraktivitas.

Artikel Terkait

Sering Melompat Bisa Membuat Tulang Kita Semakin Kuat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email