Selasa, 25 Maret 2014

Bahaya begadang bagi tubuh





Bahaya begadang bagi tubuh - Sekarang ini begadang kadang menjadi kewajiban bagi sebagian orang, hal itu disebabkan mungkin karena pekerjaan yang menuntutnya untuk bekerja di malam hari. namun bukan tanpa akibat, begadang juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Itu karena orang yang begadang kurang cukup tidur sehingga kondisi tubuhnya tidak selalu fit. Pada umumnya orang tidak terlalu memperhatikan tentang bahaya begadang ini, kadang banyak orang cuek saja ketika sedang begadang. Padahal jika mereka ketahu bahwa efek atau dampak buruk dari begadang ini sangat bahaya.

Menyebabkan obesitas
Jika dalam sehari anda tidur kurang dari 6 jam maka itu akan menyebabkan anda mengalami obesitas. Hal itu terjadi karena jika kurang tidur maka proses metabolisme pada tubuh akan terganggu. Hal itu akan menyebabkan tubuh berpotensi lebih besar untuk menimbun lemak sehingga semakin lama kelamaan akan menyebabkan obesitas. Selain itu, pada umumnya orang yang begadang di malam hari mereka akan lebih banyak mengkonsumsi makanan ringan, makanan tersebut sebagian besar menyebabkan lemak sehingga berat badannya akan semakin bertambah.

Tekanan darah tinggi
Orang yang kurang tidur pada umumnya akan mengalami stress yang lebih besar daripada orang yang mencukupi tidurnya. Hal itu disebabkan karena kondisi pikiran dan kondifi fisik orang tersebut tidak memiliki waktunya untuk beristirahat dengan kata lain selalu bekerja terus menerus tanpa istirahat. Hal itu menyebabkan stress berkepanjangan dan jika sudah stress maka tekanan darah seseorang tersebut mudah sekali untuk naik.

Stroke
Bahaya yang paling berpotensi menyebabkan kematian yaitu stroke. Begadang ternyata dapat menyebabkan penyakit stroke. Hal itu disebabkan karean seseorang tersebut hanya sedikit waktunya untuk beristirahat. Karena kurangnya istirahat itu akan meningkatkan tekanan pada jantung anda dan mampu berakhir dengan penyakit stroke yang menimbulkan kematian.

Pusing atau sakit kepala
Pada umumnya orang yang sering begadang akan mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Itu merupakan salah satu efek buruk dari begadang yang terlalu sering. Ketika kurang tidur maka sel sel otak sedikit demi sedikit akan mengalami masalah karena bekerja terus menerus. Berdasarkan hasil penelitian, begadang memiliki efek yang sama dengan benturan pada kepala.

Artikel Terkait

Bahaya begadang bagi tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email