Rabu, 19 Maret 2014

Emosi Labil Dapat Pengaruhi Fungsi Organ Tubuh



Di dunia kesehatan dikenal sebuah istilah pengobatan holistik, dimana di dalam ilmu kesehatan ini menerangkan jika rasa cemas, marah atauh bahkan rasa takut dapat mempengaruhi fungsi dari organ tubuh kita. Tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita ada yang mengatakan jika stress dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita, terutama kesehatan jantung. Benar sekali, kondisi emosi seseorang memang dapat mempengaruhi fungsi dan kinerja dari organ tubuh mereka. 
 
Dan berikut ini beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kondisi emosi yang labil :

1.    Resiko Terserang Gangguan Ginjal
Kita sering merasa takut ataupun panik. Faktanya rasa takut dan rasa panik yang kita rasakan bisa memicu terjadi gangguan ginjal. Karena disaat kita sedang dalam keadaan takut ataupun panik, kinerja ginjal kita akan terganggu. Tak hanya gangguan ginjal saja, rasa takut serta panic yang sering kita rasakan berpotensi memicu terjadinya asma, aczema, serta bronchitis. Gangguan yang terjadi pada ginjal juga bisa mengakibatkan gangguan pada hormon kandungan serta pencernaan.

2.    Gangguan Pencernaan
Rasa bimbang serta cemas yang kita rasakan dapat mempengaruhi keseimbangan energi limpa. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya rasa mual, asam lambung yang meningkat, perut kembung, serta diare. Tak hanya itu saja, gangguan ini bisa mengakibatkan sistem hormonal serta sirkulasi dalam darah kita jadi terganggu. Akibat lain yang ditimbulkan adalah kita sering merasa nyeri dan pegal pada bagian pundak serta punggung kiri. Dan bahkan orang yang sering cemas beresiko mengalami gangguan pada pernapasan.

3.    Penyakit Liver
Kita sering merasa marah serta dendam. Faktanya rasa marah serta emosi menyebabkan kondisi pada organ hati akan menjadi panas. Dengan begitu defisiensi energi bisa berujung terjadinya pembekakan pada hati. Tak hanya itu saja, sirkulasi darah akan menjadi terhambat yang dapat menimbulkan tubuh kita rentan terserang hipertensi, sakit dada, sesak napas serta insomnia.

4.    Gangguan Fungsi Paru-paru
Rasa emosi serta sedih yang dipendam bisa mempengaruhi kinerja daripada jantung. Organ Jantung memiliki fungsi yang sangat vital. Oleh karena itu, gangguan pada organ ini dapat berdampak terjadinya gangguan pada sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya orang tersebut akan rentan sakit, mudah terserang asma, flu, ISPA serta sinusitis.

Artikel Terkait

Emosi Labil Dapat Pengaruhi Fungsi Organ Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email