Sabtu, 22 Maret 2014

Tips aman bersepeda di jalan



Tips aman bersepeda di jalan - Bersepeda memang hal yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, karena dengan bersepeda ini bagian tubuh kita akan bergerak sehingga terlatih. Kadang beberapa orang lebih memilih untuk bersepeda ketika bepergian mungkin ke kantor atau ke tempat bekerja. Hal itu karena menggunakan sepedea lebih efisien, tidak akan terjebak macet dan dapat memintas sesuai keinginan. Jika anda menggunakan sepeda, berarti anda juga turut serta dalam upaya mengatasi macet di jakarta.

Namun bersepeda tanpa aturan juga akan membahayakan anda sendiri dan orang lain. Sama seperti berkendara menggunakan sepeda motor ataupun mobil, bersepeda juga harus dengan memperhatikan beberapa hal supaya tidak mencelakakan diri anda sendiri dan orang lain. Namun banyak orang tidak memperhatikan itu, banyak orang yang seenaknya saja bersepeda tanpa aturan sehingga dia membingungkan pengendara lain. oleh karena itu sebaiknya anda perhatikan beberapa tips berikut jika anda hendak bersepeda.

Perhatikan jarak dengan trotoar
Saat  berkendara dengan sepeda, sebaiknya anda menjaga jarak anda  dengan trotoar sebaiknya tidak terlalu minggir. Jika anda terlalu minggir dan terlalu dekat dengan trotoar akan membuat pengendara mobil atau kendaraan lainnya tidak melihat keberadaan anda, dan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sebaiknya anda jaga jarak sekitar  1 meter dari trotoar sehingga tidak terlalu di tengah jalan atau tidak terlalu di pinggir. Namun anda juga harus memberi kesempatan kendaraan lain untuk mendahului anda , jangan anda halang halangi kendaraan di belakang anda.

Ketika berada di lampu merah
Ketika anda menjumpai lampu merah sebaiknya anda juga mengikuti rambu yang ada, karena jika tidak anda akan mengganggu kendaraan lain baik dari arah yang sama maupun dari arah lain. Hal itu jika pengendara lain tidak bisa mengontrol emosi juga akan membuatnya naik darah. Oleh karena itu perhatikan rambu, jika lampu merah sebaiknya anda menunggu, namun jika anda akan berbelok ikuti juga rambu yang ada.

Ketika akan manuver
Jika di sebuah jalan anda ingin berbelok atau bermanuver, dikarenaka sepeda anda tidak memiliki lampu sein. Oleh karena itu anda harus memberi aba aba terhadap pengendara lain secara manual, anda dapat melambaikan tangan anda sesuai dengan arah anda. misalnya anda ingin berbelok ke kanan maka gunakan tangan kanan untuk memberi aba aba dan sebaliknya.

Artikel Terkait

Tips aman bersepeda di jalan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email