Sabtu, 22 Maret 2014

Perawatan lensa kamera DSLR yang tepat



 Merawat lensa
Perawatan lensa kamera DSLR yang tepat - Memilik kamera DSLR bagi seorang yang hobi fotografi memang wajib, hal itu karena kamera DSLR akan menjadi penunjang anda untuk mengabadikan hal hal menarik. Pada kamera DSLR ada satu bagian yang mudah sekali rusak jika dalam perawatannya kurang tepat yaitu bagian lensa kamera. Untuk kamera DSLR memang lensanya dapat dipisah dengan kamera. Lensa itu sendiri merupakan sebuah perangkat pada kamera yang berguna untuk memfokuskan objek gambar sehingga dapat direkam oleh kamera. Jenis lensa kamera juga sangat banyak, ada yang memiliki fokus panjang sehingga dapat melakukan zoom yang optimal dan ada pula dengan jarak fokus yang pendek.

Bagian lensa kamera ini sangat ringkih dan mudah rusak jika sembarangan dalam perawatannya, jika sudah rusak tentunya sangat merugikan karena harga lensa yang mahal dan hampir sama dengan harga kamera DSLR itu sendiri. Oleh karena itu, perawatan lensa yang tepat perlu dilakukan dengan cara berikut ini.

Memasang screen protector pada filter lensa
Kadang kebanyakan orang tidak mempedulikan tentang memasang sreen protector, padahal hal ini sangat penting dan dapat mempengaruhi kualitas gambar yang anda ambil. Screen protector akan melindungi filter lensa anda dari goresan yang bisa saja terjadi, jika terdapat goresan pada filter lensa maka akan membuat gambar yang anda ambil jadi tidak sempurna. Selain untuk melindungi dari goresan, screen protector juga dapat mengurangi jumlah sinar uv matahari yang masuk ke lensa sehingga kualitas gambar akan lebih maksimal dan lebih terlihat detail.

Bersihkan lensa setelah penggunaan
Setelah anda selesai menggunakan lensa kamera, untuk menjaga adanya kotoran dan kerak pada lensa pastikan anda selalu membersihkannya setiap kali selesai menggunakan. Pada beberapa produk lensa juga ada yang memberikan set pembersih lensa pada paket lensanya. Alat tersebut dapat anda gunakan untuk membersihkan lensa anda setelah pemakaian.

Tutup lensa ketika kamera tidak digunakan
Ketika kamera anda tidak digunakan, sebaiknya anda selalu menutup lensa dengan penutup yang ada. Hal ini sangat penting anda lakukan untuk menghindarkan lensa dari debu dan kotoran ataupun air. Dengan memaka penutup juga melindungi lensa depan agar tidak terkena benturan dengan benda lain.

Artikel Terkait

Perawatan lensa kamera DSLR yang tepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email