Selasa, 18 Maret 2014

Tips mudah supaya karpet awet dan tahan lama



Tips mudah supaya karpet awet dan tahan lama - Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang terbilang cukup penting. Karpet menjadi alas di lantai jika anda lebih suka menggunakan karpet daripada lansgung di lantai. Karena karpet selalu terinjak maka karpet juga jika perawatannya tidak tepat akan membuat karpet tersebut mudah rusak. 

Untuk perawatan karpet memang tidak sembarangan karena jika sembarangan ini akan berdampak buruk bagi karpet yang anda gunakan. Oleh karena itu anda harus merawat karpet dengan tepat, perhatikan beberapa tips berikut.

Membersihkan secara berkala
Jika anda memiliki karpet di rumah, sebaiknya anda selalu membersihkannya dengan rutin dan berkala. Untuk pembersihannya anda dapat menggunakan vacum cleaner atau penyedot debu. Jika anda rasa karpet anda itu bersih, sebenarnya serat di dalam karpet itu terdapat kotoran yang menempel sehingga jika anda tidak mempedulikannya dan dibiarkan lama akan membuat kotoran di karpet anda menumpuk sehingga susah untuk di bersihkan. Selain susah untuk di bersihkan, karpet yang penuh kotoran juga akan mengganggu kesehatan anda, kerugian lainnya karpet anda akan mudah rusak jika dibiarkan kotor terlalu lama. Untuk perawatan berkala, anda dapat membersihkan karpet dengan vacum cleaner seminggu sekali . 

Menggunakan alas kaki saat berjalan di karpet
Ketika anda berjalan di atas karpet sebaiknya gunakan alas kaki dan jangan berkaki telanjang. Banyak orang mengira bahwa jika melewati karpet dengan tanpa alas kaki akan membuat karpet lebih bersih dan terhindar dai kotoran. Namun justru itu ternyata salah, kaki seseorang banyak mengeluarkan keringat serta minyak. Jika kaki yang berkeringat dan berminyak bersentuhan langsung dengan karpet, maka akan membuat kotoran dan debu yang berada pada karpet justru akan menempel lebih lengket. Oleh karena itu gunakan alas kaki saat anda handak berjalan melewati karpet. 

Hindari mencuci karpet menggunakan sabun
Hindari mencuci karpet anda menggunakan sabun ataupun detergen. Hal ini dikarenakan zat yang mengandung sabun akan menimbulkan busa dan jika digunakan untuk mencuci karpet, maka busa dan sisa residu akan menempel pada karpet. Jika sudah menempel maka residu tersebut akan lebih mengikat kotoran dan debu lebih mudah. Busa yang tertinggal juga akan membuat karpet anda lebih lemas sehingga mudah rusak.

Artikel Terkait

Tips mudah supaya karpet awet dan tahan lama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email