Kamis, 20 Maret 2014

Tips merawat adaptor atau charger laptop



Tips merawat adaptor atau charger laptop - Charger atau adaptor merupakan barang yang penting untuk laptop anda, karena dengan adanya charger ini baterai di laptop anda akan terisi ulang kembali setelah habis digunakan. Namun karena perawatan dan penggunaan yang tidak sesuai dengan yang di anjurkan akan membuat charger laptop anda mudah rusak. Jika charger laptop rusak tentunya sebuah kerugian apalagi jika charger tersebut adalah charger original, hal ini dikarenakan charger original laptop sangat susah untuk didapatkan di pasaran selain itu harganya pun juga mahal.

Oleh karena itu untuk menjaga supaya charger laptop anda awet, gunakan cara cara berikut yang dapat anda coba.

Jangan over saat menggunakan charger
Ketika mengisi ulang baterai laptop kadang kebanyakan orang membiarkannya sampai lama sambil menggunakan laptop tersebut. Hal tersebut berdampak buruk bagi charger laptop anda karena semakin lama , charger akan menjadi panas dan dapat merusak IC charger laptop anda. Selain merusak charger, mengisi ulang secara over juga akan merusak baterai laptop anda sendiri. Oleh karena itu gunakan charger dalam waktu yang tepat dan tidak berlebihan. Isi ulang baterai laptop anda sampai baterai full dan kemudian lepaskan charger.

Jangan menggulung kabel charger
Kebanyakan orang menginginkan kabel di charger laptop yang lebih ringkas sehingga mereka akan menggulung kabel tersebut tanpa aturan. Sebenarnya jika anda menggulung kabel sembarangan akan membuat kabel charger anda menjadi rusak. Jika dalam waktu yang lama dibiarkan tergulung sembarangan akan membuat kabel menjadi tertekan dan tidak dapat lurus, bahkan dapat mempengaruhi arus charger tersebut. Oleh karena itu jika memang menggulung, gulunglah secara tepat sesuai yang di anjurkan dan ikat dengan velcro bawaan.  Namun jika tidak akan di bawa bawa sebaiknya anda tidak menggulung kabel charger, menggantung charger justru lebih baik daripada menggulung.

Gunakan stabilizer saat mengisi ulang baterai
Cara ini diguanakan untuk mengamankan charger anda, gunakan stabilizer ketika anda ingin mengecas baterai laptop. Jadi anda tidak langsung mengambil tegangan dari stop kontak melainkan dari stabilizer. Arus yang berasal dari stabilizer lebih stabil dan tidak berubah ubah, tak seperti arus yang dari stop kontak yang akan berubah ubah dan akan membuat komponen di charger laptop anda rusak. Ketika anda gunakan stabilizer maka charger laptop anda menjadi lebih aman.

Artikel Terkait

Tips merawat adaptor atau charger laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email