Motor adalah kendaraan
roda dua yang digunakan hampir setiap orang, mulai dari kalangan remaja sampai
orang dewasa, terutama untuk kalangan pelajar untuk pergi ke sekolah. Tidak
hanya dari cara penggunaannya yang mudah, motor juga dinilai praktis serta bisa
mengatasi kemacetan saat jalan mulai ramai. Untuk di Indonesia sendiri pasar
persaingan di dunia motor ini hanya terdiri dari Honda dan Yamaha yang terus
bertahan dan sudah sebagian besar digunakan oleh masyarakat. Persaingan
diantara keduanya mulai ketat, dengan memunculkan motor-motor baru dengan
kwalitas yang lebih canggih dan semakin memberikan daya tarik masyarakat untuk
menggunakannya.
Terutama untuk Honda yang akhir-akhir ini yang tak
terpatahkan bahkan sulit tersaingi oleh para pesaingnya. Bahkan dalam kurun
waktu beberapa bulan ini Honda sudah mencatat penjualan terbanyak sekitar lebih
dari dua juta unit. Angka ini sudah melebihi dari angka penjualan Honda di
tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu Honda hampir disebut-sebut sebagai raja di
dunia pasar sepeda motor. Hampir setiap tahunnya pangsa pasar untuk Honda ini
tidak diragukan lagi karena masih menguasai di dunia permotoran. Salah satu
contoh misalnya pada tahun 2003 Honda masih ada di posisi teratas dibanding
dengan pesaingnya.
Tidak hanya Honda yang terus memacu kinerja untuk selalu
menduduki posisi teratas di pangsa pasar tapi kini Yamaha juga terus memacu
strategi untuk dan mempertajam konsep promosinya. Dan pada waktu yang bersamaan
manajemen Yamaha terus memperbaiki kualitas produksi termasuk dari performa
teknologi mesin, bahkan putaran mesin yang dibuat menjadi lebih cepat, dan ada
pula beberapa motor Yamaha yang dilengkapi dengan pendingin air sehingga mesin
tidak terasa panas dan berdaya tahan lebih kuat.
Pada pasar motor Yamaha ini mulai terjadi peningkatan
saat motor sport, bebek dan matik yang dipoles dan direnovasi untuk memenuhi
kebutuhan dan segmen anak muda dan kaum perempuan, sehingga pada tahun 2004
motor Yamaha naik drastis diatas motor Honda. Hingga tahun 2005 pangsa pasar
untuk motor Yamaha terus meningkat, dan pada saat itu Honda semakin mengalami
penurunan dari persaingan pangsa pasar yang mulai ketat karena semakin merosot
daya beli dan mendapat imbas dari naiknya harga bahan bakar minyak, maka
manajemen dari Honda pun mencoba memperbaiki pemasaran hingga akhirnya pangsa
pasar untuk Honda bisa naik
.
Persaingan kedua manajemen ini belum selesai, masih
banyak waktu dan peluang untuk Honda kembali meningkatkan pangsa pasarnya,
namun jangan salah selama ini Yamaha jauh lebih jitu dalam membuat strategi.
Ini semua terbukti pada tahun 2006, Honda yang hampir menguasai pangsa pasarnya
tapi Yamaha masih bisa mengambil sebagian dari pangsa pasar tersebut. Manajemen
Yamaha memang lebih cerdik dan solid untuk menghadapi serta mengubah tantangn
menjadi sebuah peluang besar. Mampukah Honda hadapi Yamaha ??
Perkembangan Motor Di Indonesia
4/
5
Oleh
Unknown