Selasa, 28 Januari 2014

Perkembangan Motor Di Indonesia



Motor adalah kendaraan roda dua yang digunakan hampir setiap orang, mulai dari kalangan remaja sampai orang dewasa, terutama untuk kalangan pelajar untuk pergi ke sekolah. Tidak hanya dari cara penggunaannya yang mudah, motor juga dinilai praktis serta bisa mengatasi kemacetan saat jalan mulai ramai. Untuk di Indonesia sendiri pasar persaingan di dunia motor ini hanya terdiri dari Honda dan Yamaha yang terus bertahan dan sudah sebagian besar digunakan oleh masyarakat. Persaingan diantara keduanya mulai ketat, dengan memunculkan motor-motor baru dengan kwalitas yang lebih canggih dan semakin memberikan daya tarik masyarakat untuk menggunakannya.

            Terutama untuk Honda yang akhir-akhir ini yang tak terpatahkan bahkan sulit tersaingi oleh para pesaingnya. Bahkan dalam kurun waktu beberapa bulan ini Honda sudah mencatat penjualan terbanyak sekitar lebih dari dua juta unit. Angka ini sudah melebihi dari angka penjualan Honda di tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu Honda hampir disebut-sebut sebagai raja di dunia pasar sepeda motor. Hampir setiap tahunnya pangsa pasar untuk Honda ini tidak diragukan lagi karena masih menguasai di dunia permotoran. Salah satu contoh misalnya pada tahun 2003 Honda masih ada di posisi teratas dibanding dengan pesaingnya.

            Tidak hanya Honda yang terus memacu kinerja untuk selalu menduduki posisi teratas di pangsa pasar tapi kini Yamaha juga terus memacu strategi untuk dan mempertajam konsep promosinya. Dan pada waktu yang bersamaan manajemen Yamaha terus memperbaiki kualitas produksi termasuk dari performa teknologi mesin, bahkan putaran mesin yang dibuat menjadi lebih cepat, dan ada pula beberapa motor Yamaha yang dilengkapi dengan pendingin air sehingga mesin tidak terasa panas dan berdaya tahan lebih kuat.

            Pada pasar motor Yamaha ini mulai terjadi peningkatan saat motor sport, bebek dan matik yang dipoles dan direnovasi untuk memenuhi kebutuhan dan segmen anak muda dan kaum perempuan, sehingga pada tahun 2004 motor Yamaha naik drastis diatas motor Honda. Hingga tahun 2005 pangsa pasar untuk motor Yamaha terus meningkat, dan pada saat itu Honda semakin mengalami penurunan dari persaingan pangsa pasar yang mulai ketat karena semakin merosot daya beli dan mendapat imbas dari naiknya harga bahan bakar minyak, maka manajemen dari Honda pun mencoba memperbaiki pemasaran hingga akhirnya pangsa pasar untuk Honda bisa naik
.
            Persaingan kedua manajemen ini belum selesai, masih banyak waktu dan peluang untuk Honda kembali meningkatkan pangsa pasarnya, namun jangan salah selama ini Yamaha jauh lebih jitu dalam membuat strategi. Ini semua terbukti pada tahun 2006, Honda yang hampir menguasai pangsa pasarnya tapi Yamaha masih bisa mengambil sebagian dari pangsa pasar tersebut. Manajemen Yamaha memang lebih cerdik dan solid untuk menghadapi serta mengubah tantangn menjadi sebuah peluang besar. Mampukah Honda hadapi Yamaha ??

Artikel Terkait

Perkembangan Motor Di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email